Langsung ke konten utama

Tas vs Kesehatan Pundak

Apakah saat ini Anda mengalami sakit di punggung, leher, dan pundak?! Mungkin selama ini Anda menyalahkan kursi kantor yang tak nyaman itu, atau Anda mengira bahwa hal itu terjadi karena Anda jongkok dalam posisi yang salah saat berkebun kemarin.



KapanLagi.com - Pernahkah Anda berpikir bahwa sakit yang Anda rasakan itu bisa jadi dikarenakan oleh tas yang selama ini kerap menemani Anda? Mulai dari ukuran, tali, bahkan cara Anda membawa tas, ternyata semua hal tersebut turut mempengaruhi kesehatan pundak.



Lagipula, siapa bilang bahwa untuk tampil cantik kita harus mau mengalami kesakitan?! Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan tips memakai tas berikut agar area pundak dan sekitarnya tetap dalam kondisi sehat.



Kurangi isi tas

Harus diakui bahwa sebagai wanita, kita kerap membawa terlalu banyak barang dalam tas kita yang sebenarnya tidak selalu dibutuhkan. Mungkin alasan paling tepat mengapa kita memenuhi tas dengan banyak barang adalah karena kita ingin barang itu ada jika seandainya kita tiba-tiba membutuhkannya.




Namun, sayangnya ada yang merasa tersiksa dengan aksi jaga-jaga tersebut, yaitu tubuh kita. Punggung, pundak, leher, tangan, bahkan kepala bisa menjadi korban akibat beban berat yang harus mereka tanggung setiap harinya.


Anda disarankan untuk selalu memeriksa ulang isi tas dan singkirkan barang-barang yang benar-benar tidak perlu dibawa. Timbanglah diri Anda saat sedang membawa tas, jangan membawa tas yang beratnya lebih dari 1,25kg. [break]




Pilihlah tas dengan tali yang lebar




Tak peduli apa yang menjadi merk tas favorit Anda, Anda disarankan untuk memilih tas memiliki potongan tali lebar. Lebar tali tas turut membantu tubuh dalam membagi berat beban yang harus dipikul, sehingga beban tidak hanya dilimpahkan pada satu titik tubuh saja.




Lakukan peregangan leher dan bahu




Anda bisa mencegah encok yang disebabkan oleh buruknya beban tas dengan memperkuat otot tubuh itu sendiri. Lakukan gerakan seperti mendayung, dengan cara berdiri tegap dan ulurkan tangan lurus ke depan, lalu lakukan gerakan seperti mendayung perahu. Kemudian pijat/ remas pundak Anda dengan posisi dagu sedikit terangkat. Ulangi 10 kali hitungan untuk tiap tangan.





Pertimbangkan tas pinggang

Pada awal tahun 1990an, tas pinggang sempat mencicipi kejayaannya sebagai salah satu aksesoris modis dalam berpenampilan. Bentuknya yang kecil seolah 'memaksa' penggunanya untuk mengantongi hanya sedikit barang.



Meski Anda menaruhnya secara menyamping di pinggang, namun beban yang ada dalam tas itu ditopang oleh tubuh secara keseluruhan (karena pinggang terletak pada titik tengah tubuh manusia), bukan hanya oleh pundak atau punggung saja. Jadi, jelas tas ini takkan menimbulkan kesakitan pada pundak atau punggung Anda. [break]



Ganti posisi



Kebanyakan dari kita mempunyai posisi membawa tas yang selalu sama. Ada yang suka membawa dengan tangan, lengan, pundak kanan, atau pundak kiri. Namun, demi keselamatan tubuh Anda, maka Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut.



Cobalah untuk mengganti posisi tas, setidaknya tiap 5 menit, agar aliran darah dalam tubuh tetap lancar. Jika Anda berbelanja di toko, maka Anda bisa mengganti posisi membawa tas tiap kali Anda masuk atau keluar toko.



Beri pengaman tali




Jika tali tas Anda sangat tidak nyaman, maka lapisi dengan kain pengaman (seperti yang ada pada seat belt di mobil) agar pundak atau tangan lebih nyaman.




Beralih ke tas punggung




Salah satu petunjuk bahwa beban tas telah berhasil melukai Anda adalah posisi pundak yang jadi tidak seimbang/ miring ke salah satu sisi. Jika pundak bermasalah, maka kini saatnya Anda beralih pada tas punggung. Hanya tetap pastikan bahwa Anda membawa yang ukuran kecil dan jangan memasukkan terlalu banyak barang. [break]




Kenakan tas dekat pada tubuh


Saat ditanya bagaimana cara terbaik untuk membawa tas, maka jawabnya adalah dengan menjaga posisi tas itu tetap melekat dekat pada tubuh. Dekatkan kantung beban tas dekat dengan tubuh agar beban yang ada menyatu dengan beban tubuh.




Oleh karena itu, sedapat mungkin carilah potongan tas yang bisa melintasi tubuh saat dibawa, namun pastikan bahwa talinya juga tidak terlalu panjang. Sebab makin panjang talinya, beban pundak makin tertarik ke bawah (oleh gravitasi).




Kenakan sepatu yang ramah




Jika Anda harus mengangkat tas besar dan membawanya hanya pada satu sisi tubuh, maka setidaknya dukung tubuh dengan sepatu yang tepat. Pemilihan sepatu bisa memberikan banyak perbedaan.




Sandal tipis bisa menimbulkan masalah besar bagi tulang punggung dan tulang sendi Anda. Sepatu terbaik yang bisa mengimbangi bawaan berat adalah sepatu dengan sol karet. (wday/meg)

Posted by Ena Lubis
Thursday, July 15, 2010
0 comments
at 10:36 PM
Alergi Parfum
VIVAnews - Semprotan parfum tergolong jarang menyebabkan alergi. Namun, ada kalanya parfum bisa menimbulkan reaksi pada kulit. Hal ini bisa terjadi akibat komponen individual yang menyebabkan alergi.



Seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk, masalah alergi parfum memang sangat sulit dijabarkan, mengingat parfum merupakan campuran bahan kimia yang berbeda dan terkadang juga menyertakan bahan-bahan alami. Efeknya bisa sangat berbeda.


Namun, jika reaksi alergi parah seperti beberapa orang mengalami kesulitan bernapas, mual atau atau menimbulkan ruam, ini yang perlu diwaspadai. Roja Dove, pakar parfum ternama dan pendiri Haute Parfumerie, memberikan saran.


"Jika Anda memiliki alergi atau intoleransi terhadap wewangian, sebaiknya jangan menerapkannya langsung ke kulit. Semprotkan dalam lapisan jaket atau atau pakaian. Dan, pastikan semprotan Anda dari jarak jauh.”


Dan, menurut Dove, tidak semua parfum menimbulkan reaksi sama pada kulit. Jika alergi pada satu merk parfum, belum tentu Anda alergi pada jenis parfum lainnya.



Jadi, sebelum memberi parfum, cobalah usapkan sedikit pada bagian leher Anda, setelah itu tunggu reaksinya. Jika kulit terasa panas atau gatal, kemungkinan Anda alergi terhadap parfum tersebut. Jika sudah begitu, mungkin Anda perlu berburu merk parfum lainnya.



taken from http://id.news.yahoo.com/viva/20100708/tls-alergi-parfum-34dae5e.html
Posted by Ena Lubis
Thursday, July 08, 2010
0 comments
at 10:36 PM
Rambut Sehat dari Dalam!
Menggunakan terlalu banyak shampoo adalah kesalahan yang sering dilakukan. Keramaslah dua kali hanya bila rambut Anda benar-benar kotor.


Sikat rambut terbaik adalah yang terbuat dari bahan alami. Sisirlah rambut Anda dengan lembut; menyisirnya dengan terlalu kuat hanya akan meningkatkan produksi minyak daripada melancarkan peredaran darah.

Rambut yang diwarnai membutuhkan perhatian ekstra. Gunakan masker rambut lebih sering dan hindari cahaya matahari langsung mengenai rambut Anda, karena hal ini dapat menyebabkan warna rambut berubah dan membuat rambut lambat laun menjadi kering.


Buatlah masker rambut Anda sendiri - campurkan satu sendok acar apel dengan dua sendok minyak olive, balurkan pada rambut Anda. Biarkan hingga 15-20 menit. Perawatan ini menjadikan rambut Anda lembut dan berkilau!


Olahraga teratur dan tidur yang cukup akan meningkatkan kesehatan rambut Anda, sama dengan mengkonsumsi protein, buah segar dan sayur-sayuran.



source: http://www.oriflame.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI USUS BUNTU/UMBAI CACING

Sobat 'tkt' kalian pasti mengetahui usus buntu kan? atau umbai cacing atau juga apendisitis. Umbai cacing atau apendiks adalah organ tambahan pada usus buntu. Infeksi pada organ ini disebut apendisitis atau radang umbai cacing. Apendisitis yang parah dapat menyebabkan apendiks pecah dan membentuk nanah di dalam rongga abdomen atau peritonitis (infeksi rongga abdomen). Dalam anatomi manusia, u mbai cacing terbentuk dari caecum pada tahap embrio. Dalam orang dewasa, Umbai cacing berukuran sekitar 10 cm tetapi bisa bervariasi dari 2 sampai 20 cm. Walaupun lokasi apendiks selalu tetap, lokasi ujung umbai cacing bisa berbeda - bisa di retrocaecal atau di pinggang (pelvis) yang jelas tetap terletak di peritoneum. Banyak sekali orang atau bahkan sobat 'tkt' beranggapan bahwa umbai cacing tidak mempunyai peranan yang diduga berasal dari sisa pembentukan bagian tubuh kita tidak berguna atau bahkan banyak juga yang beranggapan organ tersebut merugikan. Iya, memang karena

Happy Eid Mubarak 1432 H

Hai sobat 'tkt' Saya selaku admin blog ini mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin. Mungkin saja selama saya memposting sesuatu ada diantara pembaca yang tersingggung, saya mohon maaf. Kesalahan iu datang dari manusia dan kesempurnaan hanya ada pada Allah SWT.

SEHAT DAN BUGAR DALAM 10 MENIT

Tips sehat dan bugar dalam 10 menit ini ditujukan pada Anda yang termasuk orang sibuk. Jika Anda malas berolahraga atau termasuk orang yang anti-olahraga, mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda hidup lebih sehat. 1. Berjalan kaki Berjalan kaki tidak harus dilakukan selama 30 sampai 60 menit. Berjalan selama 10 menit pun sudah cukup, asal dilakukan secara teratur. Tidak perlu pada pagi hari atau sore hari, Anda dapat berjalan kaki selama 10 menit sebelum bekerja, makan siang, malam hari, atau bahkan berjalan-jalan di mall pun termasuk olahraga. Bejalan kaki selama 10 menit ini mampu menyegarkan pikiran, menggerakan tubuh, dan menjauh dari meja kerja untuk sementara. 2. Sarapan Tips sehat bukan berarti harus berolahraga, dengan sarapan secara teratur setiap pagi pun dapat membawa Anda ke kehidupan yang lebih sehat. Membuat menu sarapan sehat seperti oemlet isi sayur dan daging atau sandwich tidak akan memakan waktu lama bukan? Atau untuk lebih mudah, Anda bisa membuat oa