Langsung ke konten utama

Mencegah Penyakit Setelah Lebaran


Sobat 'tkt' setelah lebaran pastinya kita tidak mau dihinggapi penyakit kan, terkadang banyak hal yang kita lakukan setelah bulan ramadhan yang menimbulkan diri kita sakit.

Nah saya punya beberapa tips yang mungkin dapat membantu sobat 'tkt' agar tetap hidup sehat setelah lebaran. Pada waktu lebaran, biasanya banyak tersedia makanan dan minuman yang manis, bersantan dan berlemak. Dengan keadaan yang seperti ini, berbagai macam penyakit telah siap menunggu bila kita tidak dapat mengontrol pola makan kita. Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM mengatakan,

“Kalau pola makannya tidak diperhatikan, ada tiga kategori penyakit yang sering menyerang pasca lebaran.”  
Dr Ari menjelaskan, tiga kategori penyakit yang sering terjadi pasca lebaran antara lain adalah:
1. Penyakit kronis yang kambuh Makanan yang manis, bersantan dan berlemak merupakan musuh bagi banyak orang yang menderita penyakit kronis, seperti misalnya hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, diabetes, asam urat bahkan sampai serangan jantung dan stroke.

2. Penyakit karena kelelahan dan kecapekan Kegiatan mudik dan lebaran biasanya akan membuat orang menjadi kurang tidur dan kelelahan. Akibatnya, bila tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka penyakit-penyakit seperti ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Atas), batuk, pilek dan radang tenggorokan. 

3. Penyakit karena kurangnya kebersihan makanan Pada suasana lebaran, biasanya sampah makanan dan lalat ada dimana-mana, bila kondisi ini tidak dapat diatasi dengan benar maka akan sangat mempengaruhi kesehatan kita, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Hal lain adalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan yang biasanya bergantung pada pembantu rumah tangga (PRT). Saat banyak para PRT mudik, orang-orang kota biasanya menjadi sulit mencari makanan yang sehat dan bersih.
Dengan kondisi demikian, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti diare akan banyak terjadi. “Biasanya penyakit-penyakit ini akan mulai menyerang pada minggu-minggu pertama setelah lebaran,” tambah dokter sekaligus Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Menurut Dr Ari, penyakit-penyakit tersebut seharusnya dapat dicegah bila orang tetap bisa menerapkan pola hidup yang sehat dan bisa mengontrol makanan yang akan dikonsumsinya.

Berikut ini beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit-penyakit pasca lebaran:
1. Istirahat yang cukup. Setelah mudik dan berkumpul dengan keluarga, biasanya banyak orang yang mengalami kurang tidur. Hal ini bisa menurunkan stamina dan sistem kekebalan tubuh, yang akibatnya mudah terserang berbagai penyakit.
2. Tetap memperhatikan kebersihan makanan.
3. Bagi orang yang menderita penyakit kronis, harus tetap patuh mengonsumsi obat dan mengontrol pola makan.
4. Hindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi, seperti jeroan, sea food, daging-dagingan dan kue-kue manis.
5. Tetap konsumsi buah dan sayur untuk membantu menyerap dan mengimbangi kolesterol. Selain itu, juga untuk melancarkan sistem pencernaan.

Semoga Bermanfaat ! :) Salam sehat selalu sobat 'tkt'

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI USUS BUNTU/UMBAI CACING

Sobat 'tkt' kalian pasti mengetahui usus buntu kan? atau umbai cacing atau juga apendisitis. Umbai cacing atau apendiks adalah organ tambahan pada usus buntu. Infeksi pada organ ini disebut apendisitis atau radang umbai cacing. Apendisitis yang parah dapat menyebabkan apendiks pecah dan membentuk nanah di dalam rongga abdomen atau peritonitis (infeksi rongga abdomen). Dalam anatomi manusia, u mbai cacing terbentuk dari caecum pada tahap embrio. Dalam orang dewasa, Umbai cacing berukuran sekitar 10 cm tetapi bisa bervariasi dari 2 sampai 20 cm. Walaupun lokasi apendiks selalu tetap, lokasi ujung umbai cacing bisa berbeda - bisa di retrocaecal atau di pinggang (pelvis) yang jelas tetap terletak di peritoneum. Banyak sekali orang atau bahkan sobat 'tkt' beranggapan bahwa umbai cacing tidak mempunyai peranan yang diduga berasal dari sisa pembentukan bagian tubuh kita tidak berguna atau bahkan banyak juga yang beranggapan organ tersebut merugikan. Iya, memang karena

Happy Eid Mubarak 1432 H

Hai sobat 'tkt' Saya selaku admin blog ini mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin. Mungkin saja selama saya memposting sesuatu ada diantara pembaca yang tersingggung, saya mohon maaf. Kesalahan iu datang dari manusia dan kesempurnaan hanya ada pada Allah SWT.

SEHAT DAN BUGAR DALAM 10 MENIT

Tips sehat dan bugar dalam 10 menit ini ditujukan pada Anda yang termasuk orang sibuk. Jika Anda malas berolahraga atau termasuk orang yang anti-olahraga, mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda hidup lebih sehat. 1. Berjalan kaki Berjalan kaki tidak harus dilakukan selama 30 sampai 60 menit. Berjalan selama 10 menit pun sudah cukup, asal dilakukan secara teratur. Tidak perlu pada pagi hari atau sore hari, Anda dapat berjalan kaki selama 10 menit sebelum bekerja, makan siang, malam hari, atau bahkan berjalan-jalan di mall pun termasuk olahraga. Bejalan kaki selama 10 menit ini mampu menyegarkan pikiran, menggerakan tubuh, dan menjauh dari meja kerja untuk sementara. 2. Sarapan Tips sehat bukan berarti harus berolahraga, dengan sarapan secara teratur setiap pagi pun dapat membawa Anda ke kehidupan yang lebih sehat. Membuat menu sarapan sehat seperti oemlet isi sayur dan daging atau sandwich tidak akan memakan waktu lama bukan? Atau untuk lebih mudah, Anda bisa membuat oa