Langsung ke konten utama

10 Tips Bangun Pagi

Gambar diambil dari sini

Sudah satu tahun saya baru buka lagi blog saya yang ini. Saya sibuk mengurusi blog saya yang satu lagi, jadi blog ini tak terurus.

Oke, untuk hari ini saya mempunyai tips bagi sobat tkt yang sulit untuk bangun pagi. Padahal dengan bangun pagi banyak manfaat yang bakalan kita dapat loh, mulai dari hal kecil hingga hal besar, dengan bangun pagi badan kita akan merasa segar, bagi sobat yang muslim bisa melakukan ibadah +++
(dibaca: tahajud + qobla subuh + subuh yang tak terlambat)
dan banyak hal lain yang dapat dilakukan dengan baik disaat pagi hari.

Ingatkah sobat dengan slogan ini 
"Tidak bangun pagi, rezeki di patuk ayam"
Percaya atau tidak, slogan itu benar adanya. Dengan bangun pagi kita akan lebih produktif. Tapi saya sangat paham bahwa bangun pagi secara rutin memang bukan hal yang mudah. Oleh karena itu sekarang saya akan berbagi tips supaya rutin bangun pagi.

1. Niatkan dengan kuat untuk bangun pagi

Memang ini merupakan pernyataan klise, tapi saya mengalaminya sendiri dengan niat yang kuat untuk bangun pagi kita pasti dapat melakukannya. Contohnya ketika puasa ramadan, mau tak mau kita terpaksa bangun pagi untuk sahur karena sudah tertanam tekad dan niat yang kuat untuk melakukan puasa di keesokan harinya. Hingga akhirnya kita dapat berhasil bangun pagi untuk sahur bukan?

2. Tidur Lebih Awal

Bagi sobat semua yang sekiranya di malam hari sudah tak memiliki kegiatan lain yang dirasa kurang bermanfaat, ada baiknya jika sobat tkt langsung tidur. Supaya dapat tidur dengan cukup dan berhasil untuk bangun pagi. 

3. Hindari menonton film/ bermain games hingga larut malam

Nah, ini yang biasanya membuat seseorang gagal untuk bangun pagi. Karena semalamnya telah menonton film ataupun bermain games. Menonton/bermain games memang tidak dilarang, namun kurangi waktunya, jangan sampai keenakan main hingga waktu fajar. Cukuplah bermain hingga pukul 10 atau 11 malam.

4. Pasang Alarm

Usaha yang selalu gagal dilakukan oleh orang yang mengalami kesulitan bangun pagi. Malam harinya sudah berupaya memasang alarm, namun ketika alarm berbunyi di pagi harinya, hanya dimatikan dan langsung menarik selimut untuk kembali tidur. Yang paling bahaya lagi, alarm yang di pasang bahkan tak terdengar sama sekali. 
Nah yang pernah saya lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menempelkan alarm, ponsel yang alarm nya telah diaktifkan di sisi-sisi tubuh saya dengan telah memasang mode getar dan melody. Ditempelkan di anggota tubuh seperti tangan, dada, perut, lengan, (jika punya handphone banyak). Memang ini agak rawan, karena adanya radiasi dari handphone. Tapi jika memang ingin mencoba, cobalah lakukan tips yang ke-4 ini dalam waktu 1-2 minggu dan rasakan perubahannya, anda dapat bangun pagi tanpa mematikan alarm dan tidur lagi, karena harus susah payah dahulu mencopot HP yang terpasang di tubuh.

5. Persiapkan segala hal yang diperlukan di malam hari

Persiapkan segala hal yang akan digunakan esok hari seperti baju, sepatu, buku bagi para pelajar.

6. Hindari Kopi

Bagi sobat tkt yang mempunyai kebiasaan meminum kopi dimalam hari, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Karena kopi mengandung kafein yang tinggi dan berefek buruk pada jantung.

7. Olahraga Cukup

Dengan olahraga di sore hari sobat tkt dapat kelelahan di malam hari dan akan tidur lebih awal agar dapat berhasil untuk bangun pagi. Selain itu juga olahraga dapat mengatasi stress.

8. Pola Makan Sehat

Pastikan sobat tkt mempunyai pola makanan yang sehat dan teratur agar tak mengganggu jadwal tidur. Karena terkadang jadwal tidur bisa terganggu ketika perut memanggil-manggil di malam hari.

9. Baca Buku Sebelum Tidur

Munngkin agak asing dan aneh ya, baca buku sebelum tidur. Bagi sobat tkt yang punya kesulitan untuk tidur. Ini biasanya saya lakukan karena setelah saya membaca buku saya seringnya mengantuk dan bisa langsung tidur. Tapi jangan lupa membaca doa terlebih dahulu.

10. Bangun di Jam yang Sama

Ini permasalahan yang selalu dihadapkan pada seseorang yang sudah bisa bangun pagi. Ingat! ketika sudah dapat dengan berhasil bangun pagi di hari selanjutnya harus bangun di jam yang sama walaupun itu hari libur. saya ulangi lagi ya walaupun di hari libur Ini harus konsisten, harus benar-benar dilakukan. Intinya harus tetap bangun di jam yang sama dan tidur pula di jam yang sama.

Gambar diambil dari sini
Apabila sudah bisa berhasil bangun pagi, pertahankan hingga minimal 3 bulan. InsyaAllah selanjutnya kita akan secara otomatis bangun pagi di jam yang sama. Semoga membantu.

Selamat mencoba ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI USUS BUNTU/UMBAI CACING

Sobat 'tkt' kalian pasti mengetahui usus buntu kan? atau umbai cacing atau juga apendisitis. Umbai cacing atau apendiks adalah organ tambahan pada usus buntu. Infeksi pada organ ini disebut apendisitis atau radang umbai cacing. Apendisitis yang parah dapat menyebabkan apendiks pecah dan membentuk nanah di dalam rongga abdomen atau peritonitis (infeksi rongga abdomen). Dalam anatomi manusia, u mbai cacing terbentuk dari caecum pada tahap embrio. Dalam orang dewasa, Umbai cacing berukuran sekitar 10 cm tetapi bisa bervariasi dari 2 sampai 20 cm. Walaupun lokasi apendiks selalu tetap, lokasi ujung umbai cacing bisa berbeda - bisa di retrocaecal atau di pinggang (pelvis) yang jelas tetap terletak di peritoneum. Banyak sekali orang atau bahkan sobat 'tkt' beranggapan bahwa umbai cacing tidak mempunyai peranan yang diduga berasal dari sisa pembentukan bagian tubuh kita tidak berguna atau bahkan banyak juga yang beranggapan organ tersebut merugikan. Iya, memang karena

Happy Eid Mubarak 1432 H

Hai sobat 'tkt' Saya selaku admin blog ini mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin. Mungkin saja selama saya memposting sesuatu ada diantara pembaca yang tersingggung, saya mohon maaf. Kesalahan iu datang dari manusia dan kesempurnaan hanya ada pada Allah SWT.

SEHAT DAN BUGAR DALAM 10 MENIT

Tips sehat dan bugar dalam 10 menit ini ditujukan pada Anda yang termasuk orang sibuk. Jika Anda malas berolahraga atau termasuk orang yang anti-olahraga, mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda hidup lebih sehat. 1. Berjalan kaki Berjalan kaki tidak harus dilakukan selama 30 sampai 60 menit. Berjalan selama 10 menit pun sudah cukup, asal dilakukan secara teratur. Tidak perlu pada pagi hari atau sore hari, Anda dapat berjalan kaki selama 10 menit sebelum bekerja, makan siang, malam hari, atau bahkan berjalan-jalan di mall pun termasuk olahraga. Bejalan kaki selama 10 menit ini mampu menyegarkan pikiran, menggerakan tubuh, dan menjauh dari meja kerja untuk sementara. 2. Sarapan Tips sehat bukan berarti harus berolahraga, dengan sarapan secara teratur setiap pagi pun dapat membawa Anda ke kehidupan yang lebih sehat. Membuat menu sarapan sehat seperti oemlet isi sayur dan daging atau sandwich tidak akan memakan waktu lama bukan? Atau untuk lebih mudah, Anda bisa membuat oa